Jumat, 04 November 2011

D O R A M A

Dorama itu sebutan untuk drama seri dari negeri sakura, Japan. Setelah beberapa kali menuliskan tentang dorama, aku jadi kepikran dorama-dorama jadul yang dulu sering banget tayang di 'ikan terbang' sebelum heboh film-film korea. Hehehe..Sekarang sih hampir gak ada kayaknya statiun TV yang menayangkan dorama seperti dulu.

Kalau kehebohan Kdrama di awali dengan Endless Love, Winter Sonata, dan Full House. Maka ada yang inget gak dorama yang pertama kali bikin heboh jagad pertelevisian Indonesia,,,Hehehehe..Kalau gak inget, kita nostalgia ajah yuk...

1. Oshin



Ada yang inget dengan dorama klasik satu ini? Waktu dorama ini booming aku masih kecil banget loh, tapi aku ingat banget kalau Oshin selalu menggendong anaknya dipunggung. Dan, dulu aku selalu pengen punya sendal bakiak kaya punyanya Oshin. Hehehe...Film ini menceritakan perjalanan hidup Shin Tanokura, dalam era Meiji sampai awal tahun 1980an. Ia dipanggil "Oshin", dan harus bekerja keras dari sejak kecil sampai dewasa, namun kemudian berkat usahanya menjadi pemilik waralaba toko swalayan yang kaya. Seri ini terdiri dari 297 episode sepanjang 15 menit. Seri ini telah ditayangkan di 59 negara, termasuk di Indonesia loh. Kalau gak salah dulu ditayangkan di TVRI.

2. Rindu-rindu Aizawa (Without Family/ Homeless)



Remember? Buat yang eSDe nya seangkatan sama aku sih pasti tahu, film yang pada masa itu menjadi tontonan wajib sepulang sekolah. Pokoknya gak gaol deh kalau gak nonton film ini...xiixixii. Bercerita tentang anak kecil bernama Suzu Aizawa yang tinggal bersama ibu dan ayah tirinya yang kejam, Aizawa suka sekali mencuri, diotak anak kecil itu hanya uang, uang dan uang, hal ini bukan tanpa sebab karena ibunya yang sakit. Suatu hari ada seekor anjing (Sepertinya sih Golden Redriver ya...) yang mengikutinya, lalu ia memelihara anjing yang diberi nama Ryu itu. Kalau di Oshin aku pengen banget sendal bakiak, gara-gara nonton film ini aku pengen banget miara anjing. Hehhee..Tapi sayang nya gak bolehhh... Oh iya, sountraknya film ini pun pada masa itu sangat terkenal dan fenomenal loh.


3. Long Vacation



Kisah bermula dari Minami (Tomoko Yamaguchi) yang berlari dengan pakaian pernikahan menuju sebuah apartemen tempat calon suaminya tinggal. Di sana, Ia ternyata hanya bertemu dengan teman seapartemen calon suaminya. Ia bernama Sena (Takuya Kimura). Dari Sena, Minami pun menyadari bahwa kekasihnya itu meninggalkannya di hari pernikahannya. Saat itu, Minami pun jatuh miskin dan tidak bisa membayar sewa apartemennya sendiri karena sudah memberikan uangnya untuk membiayai pernikahan gagalnya. Dihinggapi oleh rasa malu kepada keluarga dan saudara serta tidak adanya teman yang bisa diajak tinggal berdua, Minami pun memohon kepada Sena dengan cara yang agak memaksa untuk bisa tinggal di apartemennya. Sena yang merasa bersalah pun bersedia karena mantan calon suami Minami sebenarnya pergi untuk menikahi seorang gadis yang Ia kenalkan kepadanya. Di apartemen itu, Sena (24 tahun) yang lebih pasif dan Minami (31 tahun) yang lebih ekstrovert pun lambat laun semakin bersahabat dan tumbuh cinta di antara mereka meski banyak perbedaan di antara mereka.

Kalau yang ngaku suka banget sama Jepang pasti tau dong aktor yang satu ini, Takuya Kimura pada masa itu adalah J.actor yang paling ganteng dan menjual. Bisa dibilang semua dorama yang memakainya pasti akan laris manis kayak kacang goreng, dari Long Vacation, Love Generation, sampai Tokyo Love Story. Jujur sih aku gak terlalu ingat film ini (tapi aku nonton, cuma putus-putus) yang jelas dorama ini cukup dewasa untuk jadi tontonan ku dulu, hehehe..^^

4. One Liter Of Tears (One Liter No Namida)



Dorama yang diangkat darikisah nyata ini, membuat siapa saja yang menontonnya banjir air mata deh..Bener-bener akan mengeluarkan one liter of tears alias nangis bombay. Kisah nyatar seorang gadis yang menghidap penyakit serius ketika berusia 15 tahun dan terpaksa berperang dengan penyakitnya selama 10 tahun sebelum mati pada usia 25 tahun. Drama ini merupakan adaptasi dari diari yang ditulis oleh seorang gadis bernama Aya Kitō yang menghidap penyakit Ataksia spinoserebelar. Aya bermula menulis diari apabila dicadangkan oleh dokternya dan terus menulis sehingga ia tidak mampu lagi memegang pen. Diari tersebut telah diterbitkan. Diari yang diberi nama 1 Litre no Namida itu diterbitkan selepas kematian Aya.

5. Kamisama (God, Please Give Me More Time)



Dorma pertama Takeshi Kaneshiro yang aku lihat adalah Kamisama. Aku nonton film ini karena aku biasanya melihat sosok Takeshi Kaneshiro di film-film china, bareng Boboho atau aktor China seperti Andy Lau dan lainnya. Di dorama ini, ia berpasangan dengan sicantik Kyoko Fukada. Kamisama menceritakan tentang sebuah percintaan yang sangat menyentuh antara seorang cewek bernama Kano Masaki, yang diperankan Kyoko Fukada dengan seorang pria bernama Ishikawa Keigo, yang diperankan oleh Kaneshiro Takashi. Ishikawa Keigo adalah seorang komposer lagu terkenal di Jepang dan ia menjadi idola bagi Kano Masaki. Kemudian Masaki terjangkit HIV karena dia rela menjual tubuhnya untuk dapat membeli tiket konser komposer Keigo. (GILA,,,cuma mau nonton konser doang sampe jual diri?? FREAk banget yaaa....). Sepulangnya dari konser tersebut, akhirnya Masaki bertemu dengan Keigo. Mereka kemudian bermalam bersama. (Hmmmmm....dewasa banget ini pelem) Disinilah cinta yang kokoh di antara keduanya mulai tumbuh.

6. Forbidden Love (Majou no Jouken)



 Bercerita tentang Hirose Michi (Matsushima Nanako), 26 tahun, yang kehidupannya dari kecil hingga dewasa diatur oleh ayahnya. Pekerjaan Michi sebagai Guru matematika di sebuah SMA pun di dapat atas wewenang ayahnya yang seorang kepala sekolah. Michi bertunangan dengan seorang Banker yang tentu saja atas persetujuan si ayah. Kurosawa Hikaru (Takizawa Hideaki), 17 tahun, adalah seorang murid pindahan yang bermasalah di sekolah sebelumnya. Sifat hikaru yang pembangkang diakibatkan oleh kehidupannya yang selalu diatur oleh orang tuanya. Hikaru sangat diharapkan untuk menjadi seorang dokter dan mengambil alih kepemimpinan rumah sakit milik orang tuanya.Pertemuan demi pertemuan membuat perasaan mereka berkembang, hubungan terlarang pun terjadi antara guru dengan muridnya ini, bahkan sampai hamil segala... (Weeee.....). Soundtrack film ini juga maha dahsyat, Utada Hikaru dengan First Love. Pada tau donggg...


7.  Ittazura Na Kiss dan 8. Hanna Yori Dango

Kalau yang dua ini sih Everybody know ya... karena sudah dibuat dalam berbagai versi, dari china, korea, sampai Indonesia juga ada. Kedua-duanya diangkat dari komik ternama yang cukup best seller di Jepun sana. 



Ittazura na Kiss bercerita tentang Kotoko cewek dari kelas terbodoh di sekolahnya yang jatuh hati pada Naoki Irie yang merupakan cowok paling jenius disekolah. Naoki didepan semua orang mengembalikan surat cinta Kotoko, bahkan mengkoreksi segala kesalahan yang kotoko buat dalam surat itu. " Aku paling tidak suka dengan gadis bodoh!" kata naoki. Namun, takdir berpihak pada Kotoko, karena suatu kejadian mereka akhirnya tinggal disatu atap yang sama. Lama kelamaan Naoki pun tidak mampu membohongi dirinya kalau ia menyukai Kotoko. Kalau di versi korea nya film ini berjudul Playfull Kiss, diperankan oleh Kim Hyun Joong sebagai Baek Seung Jo (Naoki Irie). Sedangkan versi Chinanya berjudul It's Started With a Kiss diperankan oleh Ariel Lin (Kotoko) dan cowoknya., hmm....???sapa ya namanya lupa..hehehe..Menurut aku sih, kalau dari segi kekonyolan versi Jepang jauh lebih oke,karena karakter kotoko yang asli konyol abis. Tapi sayangnya endingnya agak Gazebo, gak nendang...



Next...
Hanna Yori Dango, atau Meteor Garden atau Boys Before Flower. Diangkat dari komik ternama karya Yoko Kamio, yang menceritakan tentang kelompok F4 yang kaya raya dan berkuasa di sekolah mereka Eitoku Gakuen. Mereka adalag Domyoji Tsukasa (Tao Ming She/ Ghu Jun Pyo), Hanazawa Rui (Hua Ce Lei/ Ji Hoo), Nishikado Sojiro, dan  Mimasaka Akira. Siapapun yang bermasalah dengan mereka akan menerima memo merah. Jiahhh....jadul tenan ini film (kecuali yang Korean Version ya..). Dan Tokoh utama wanitanyalah Makino Tsukushi (Sanchai/Geum Jan Di) lah yang harus sial berurusan dengan mereka, bahkan terlibat cinta segitiga dengan kedua angotanya. Menurut fans setia serial ini, versi Jepang lah yang paling Ok, paling dapet deh chemistry nya.

9. Strawberry On The Shortcake



Kita ketemu lagi sama Hideaki Takizawa, hmmm...dia juga J.actor yang cukup menjual. Filmnya banyak banget yang ditayangin di TV kita nih, salah satunya S.O.S ini. Ada yang ingat? Film ini yang bikin aku jatuh hati sama Kyoko Fukada loh, dia cantik banget difilm ini. Suatu hari Manato memutuskan untuk mencuri buku di sebuah toko buku agar adrenalinnya terpacu, sayangnya gagal dan Manato merasa kehidupannya semakin hampa. Tiba-tiba muncul seorang gadis bernama Yui (Kyoko Fukada) yang membuat segalanya berubah. Love at the first sight. Tapi ternyata ibu Yui adalah calon ibu tirinya. Jadilah Manato hidup satu atap dan satu sekolah bersama Yui. Yui adalah gadis lugu dan periang, ia menyukai kakak kelasnya yang playboy Tetsuya Saeki (Yosuke Kubozuka). Disisi lain Tetsuya menyukai gurunya, Mariko. Kemudian ada lagi Haruka Sawamura (Rina Uchiyama), tetangga sekaligus teman sekelas Manato yang menyukai Manato.

Satu hal yang aku ingat banget dari dorama ini adalah sebuah dialog "Mana yang kau pilih? Makan strawberry-nya dulu atau cake-nya dulu?".
Waktu itu Yui menjawab, "aku akan memakan strawberrynya terlebih dahulu"
"Kenapa? bukankan setiap orang cenderung menyimpan nya untuk dimakan paling terakhir"
"aku takut kalau aku tidak memiliki waktu untuk memakannya!"
Hwahhh...Gara-gara dialog ini, aku selalu memakan yang enak-enak terlebih dahulu. Seperti makan bakso, aku pasti menghabiskan baksonya terlebih dahulu. Hehehe...dulu aku tidak mengerti maksud kalimat ini yang ternyata sama dengan 'bersenang-senang dahulu, bersakit-sakit kemudian'. Yui abisss....


10. Nobuta Wo Produce



Drama ini bercerita tentang seorang cowok bernama Kiritani Shuuji, cowok yg keren dan tipe orang yansg bisa bergaul dengan siapa aja. Tapi, cuma ada satu orang yg paling dia nggak suka. Nah, cowok itu adalah Kusano Akira, cowok aneh yg suka bertingkah nyeleneh itu sebenarnya adalah anak seorang presiden perusahaan. Tapi entah kenapa, dia malah lebih memilih tinggal dengan tukang tahu. Suatu hari, seorang murid pindahan bernama Kotani Nobuko muncul di kelas mereka. Dan tiba2, Akira dan Shuuji bekerja sama utk menjadikan Nobuko cewek terpopuler di Sekolah..!!!Dorama bertema sekolah dan persahabatan yang recommended abis.


Kalau bicara  tentang kualitas ide cerita Jepang emang gada matinya, banyak bangt film cina ataupun Korea yang mengadaptasi cerita dari negerinya para samurai ini. Seperti yang aku sampaikan sebelumnya kalau drama jepang gak cuma menawarkan 'drama', gak selalu tentang love. Berbeda dengan drama korea yang (Menurut aku loh yaaa...) selalu terkesan manis. Tapi dorama Jepang selalu punya sisi gelap yang memang khas.
Oke. cukup sekian recap dari aku...
Semuanya kembali ke selera masing-masing ya..

Picture Sources : Google

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar