Kamis, 03 November 2011

The Great Blue Hole

Judul postingan kali ini mengingatkan pada salah satu  judul lagunya  Muse, Supermasive Black Hole, (Kalau gak salah inget ya...) hehehe, tapi anyway, gada hubungannya juga sih...


Blue Hole atau Lubang biru adalah gua bawah air. Mereka juga disebut gua vertikal. Ada banyak lubang biru berbeda yang terletak di seluruh dunia, seperti di Bahama dan di Belize.Lubang biru ini biasanya berbentuk lingkaran, berdinding curam, dan dinamai dari warna birunya yang lebih tua dari perairan sekitarnya karena lebih dangkal. Sirkulasi air lubang biru yang kurang sehingga miskin oksigen, dan umumnya anoksik ada di kedalaman tertentu sehingga tidak dapat mendukung kehidupan, kecuali sejumlah besar bakteri.

Lubang biru terdalam di dunia sedalam 202 meter (663 kaki) yaitu Dean's Blue Hole, yang terletak di bay west di Clarence Town di Long Island, Bahama



Namun jika kalian pernah datang dekat pantai Belize,di Perbatasan America dan Mexico sono... Mungkin kalian  tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Great Blue Hole, salah satu keajaiban yang paling dikenal di dunia alam, khususnya perairan. The Great Blue Hole terletak di Belize Barrier Reef Reserve System, sekitar 60 mil jauhnya dari Belize City. Diyakini bahwa lubang ini adalah lubang dilaut terbesar di dunia. Sekitar 125 meter dan diameter sekitar 300 meter. Konon kabaranya keberadaan lubang dilaut ini sebagai penyebab kenaikan permukaan laut sekitar 65.000 tahun yang lalu.

Bentuk lingkaran yang hampir sempurna itu membuat Blue Hole di Belize ini sangat populer di kalangan wisatawan yang sering mengunjungi tempat ini. Tempat ini yang paling menarik bagi penyelam yang mengeksplorasi kedalaman lubang ini. Diketahui bahwa terdapat banyak jaringan gua di tempat ini. Penyelam juga tertarik dengan banyak spesies hewan langka dan bentuk-bentuk kehidupan yang dapat ditemukan hanya di tempat ini.

SubhannaAllah Sekali yahhh,,,,

Source : Kaskus

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar