Senin, 18 Juni 2012

Mitologi Nordik



Kalau Mitologi Yunani berhubungan erat dengan film semacam Hercules, Clash of The Titans, dan Percy Jackson, maka mitologi yang satu ini sangat berhubungan erat, bahkan menjadi dasar dari cerita Thor, Captain America, The Lord of the Ring atau The Avengers. Secara keseluruhan cerita super hero tersebut memang berkaitan satu sama lain. Di film Thor sudah jelas ya.. Thor the son of Odin, memang nama dewa petir pada kepercayaan Nordik, sedangkan di film Captain Amerika ada satu adegan dimana si penjahatnya melihat ukiran pohon yang menjadi simbol kehidupan yang dipercaya dalam motologi ini.


Thor sang dewa petir

Norse Mythology merupakan sebuah keyakinan sebagian besar masyarakat di Eropa Utara (Norwegia, Denmark, Swedia) sebelum masuknya agama Kristen. Seperti halnya dengan mitologi lainnya, orang-orang jaman dahulu memang memiliki kepercayaan terhadap dewa-dewa dan kekuatan spiritual yang sangat kental. Para dewa ini dianggap sebagai pencipta sekaligus penjaga alam semesta, Dalam mitologi nordik dikenal nama Yggdrasil, yaitu pohon dunia. Dimana ada sembilan planet atau kehidupan didunia yang saling dihubungkan dengan akar-akar pohon Yggdrasil. 

Ke sembilan 'akar-akar' kehidupan tersebut adalah 
  1. Asgard dunia atau golongan Dewa-Dewa tinggi dan yang paling berkuasa. Dalam mitologi Nordik, Asgard adalah kerajaan para Dewa yang terpisah dari dunia para manusia, Midgard. Tembok besar yang mengelilingi Asgard dibuat oleh raksasa. Asgard terletak pada cabang di sebelah atas yang dialui oleh Mata air Urd. As we can see di film Thor, ada sebuah aliran sungai yang sangat besar, mungkin itu namanya Mata Air Urd itu kali ya... 
  2. Vanaheim dunia para Vanir atau golongan Dewa-Dewi kecil. Letaknya berdekatan dengan Asgard di lingkungan para Dewa.
  3. Alfheim dunia para Elf  atau ras Dewa kecil pengatur kesuburan.
  4. Midgard, dunia manusia sebagai dunia makhluk yang tidak abadi
  5. Jotunheim, dunia para Jotun atau para raksasa, kalau difilm Thor digambarkan sosok Frosh Giant.
  6. Syartalfheim, dunia para Svartálfar (Swart elfs/elves) atau Dökkálfar (Dark elfs/elves) yaitu kaum elf dari kegelapan, hmm...jadi inget Kritcher, elf warisan dari keluarga Black untuk Harry Potter. Mungkin Kritcher berasaal dari sini... Xixiixii...
  7. Niddhavellir atau dunia para Dwarf  atau orang kerdil. Frodo dan teman-temannya berasal dari tempat ini, Mereka tinggal di gua-gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam. Hmmm, yang ini juga mengingatkan pada karakter Goblin di film Harry Potter ya...
  8. Niflheim, dunia bawah tanah yang dingin, rumah para Jotun (raksasa) es, dikuasai oleh Hel anak perempuan Loki
  9. Muspellheim, dunia api dan rumah bagi Surt atau raksasa yang kulitnya berupa lahar dan rambutnya adalah api.

Selain Dewa-dewa dan raksasa, mitologi Nordik juga menyebutkan adanya monster seperti Jormungandr (Si ular laut) dan Fenrir (srigala raksasa) yang dapat ditemukan di sekitar Midgard. Dua monster tersebut dikatakan sebagai anak buah Loki, hmmm, si Dewa pencari masalah. Didalam mithologi juga digambarkan bahwa Loki adalah seorang keturunan Jotun, anak dari Laufey dan seorang raksasa bernama Farbautia. Makhluk mitologi yang lain adalah Hugin dan Munin (yang berarti “pikiran” dan “ingatan”), dua gagak yang menjaga Odin.

Dii film satu ini tidak hanya ada manusia,  para Hobit (Dwarf), Elf,
 tetapi juga Jotun dan para monster lainnya.

Thor sendiri dikisahkan sebagai seorang dewa petir berjenggot merah, ayahnya adalah Odin dan kalau ada yang ingat karakter petarung cewek difilm Thor, Sif, dalam mitologinya ialah yang akan manjadi istri Thor. Namun para dewa (Entah kenapa) selalu digambarkan sebagai tokoh yang playboy, hehehe, atau setidaknya menganut poligami. Hehehe...selain dengan Sif, Thor juga menikah dengans seorang raksasa Jarnsaxa, seorang Jotun wanita. 

Mitologi Nordik memiliki pengaruh terhadap beberapa hal yang bisa ditemukan pada zaman sekarang. Nama-nama hari dalam Bahasa Inggris diambil dari nama-nama Dewa-Dewi Nordik, seperti:

Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday
Sun’s day atau Hari Matahari Moon’s day atau Hari Bulan Tyr’s (Tiw’s) day atau Hari Tiw Odin’s (Wodin’s) day atau Hari Wodin Thor’s day atau Hari Thor Frigg’s atau Freyja’s day atau Hari Freyja


Wahhh, ternyata mithologi ini memiliki pengaruh juga terhadap kehidupan masyarakat modern ya...sejarah memang sesuatu yang menarik untuk diulas. Namun seperti yang kita ketahui bahwa mithologi Nordik tidak sepopular mithoogi dari Yunani atau pun India, yang jauh lebih termasyur dan mendunia. Kendati demikian, beberapa tokoh dalam setiap mithologi seolah-olah menggambarkan satu karakter yang sama, namun dengan nama dan beberapa hal yang berbeda.

Sources : wikipedia dan sumber lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar