Selasa, 17 Juli 2012

Sinetron

Tv drama, Tv series, dorama, atau kalau bahasa indonesianya Sinetron. Actually, kata sinetron di negara ini identik dengan beberapa hal :

  • Ibu-ibu : Rata-rata penonton sinetron itu ibu-ibu, kalaupun ada anak muda yang nonton pasti bakalan dikatain ibu-ibu deh...hehehe.
  • PANJANG : Apanya yang panjang??Ceritanya tentu saja..kadang kalau ratingnya tinggi, basic cerita yang awalnya A tiba-tiba bisa jadi B, bahkan Z, sengaja dipanjang-panjanginlah pokoknya, dan bikin sinetron yang udah gak jelas makin gak jelas.
  • Plot Gak Jelas : berhubung jumlah episodenya yang super banyaaakk, dan cerita yang plotnya dikembangin asal-asalan, jadinya GeJe ajah...
  • Monoton : Why monoton? Karena dari satu sinetron ke sinetron lainnya ceritanya nyaris serupa, kalau lagi tema anak-anak SMA, semuanyaaa ikutan, tema Boyband, semua sinetron isinya boyband. Bahkan fenomena baru nih, yaitu bikin kata-kata 'gaul gak jelas' *yang diikutin sama Alay-alay gak jelas juga* kaya K*MSEUPAY Eeewwwwww.....Penting!
  • Plagiatisme : Well, untuk yang satu ini sudah menjadi fenomena dari jaman firaun kali yah. Actually kita tuh *sebagai negara or let say sebagai masyarakat BERMARTABAT* seharusnya mulai membiasakan diri untuk malu mencontek karya cipta orang lain, tanpa ijin, bahkan mengklaimnya sebagai karya sendiriiiii...haduhhh, isin atuh...

Namun, ada juga sih sinetron yang bisa dibilang bagus. Sebut saja "Si Doel Anak Sekolahan". Sinetron  tahun 90'an ini bisa dibilang sebuah maha karya luar biasa, aku sendiri entah sudah berapa puluh kali menonton sinetron ini, tiap kali diputar ulang pasti aku nonton. Ceritanya ringan dan sederhena terana, gak berlagak kaya, lebay, alay, atau sok-sok-an High Class. Bintang-bintangnya pun gak cuma ngandelin tampang doang, tapi juga akting dan kekocakan yang mempuni. Siapa sih yang gak kenal Benjamin Sueb, legenda betawi ini memerankan karakter babe Sabeni yang 'betawi' sekali...Siapa juga yang gak tahu adegan dimana Atun (Suti Karno) nyangkut di terompet? Atau Mas Karyo (Basuki) yang kerjaannya berantem terus sama Mandra. Hehehe... Awesome.

Ada yang inget Keluarga Cemara??? ini juga satu sinetron yang bagus secara cerita dan plot, tentang Cemara dan keluarganya. Abahnya Ara adalah seorang tukang becak miskin dan bersahaja, tidak punya uang banyak tidak membuat mereka menanggalkan budi pekerti dan kejujuran.

Selain Si Doel dan keluarga cemara, kalian mungkin ingat juga sinetron Kiamat Sudah Dekat. Sinetron karya Deddy Mizwar ini bercerita tentang seorang pria kaya raya yang jatuh hati dengan seorang gadis putri pak haji. Ia dituntut untuk bisa mengaji, sholat, dan berpuasa, hal yang selama ini asing baginya. Bisa dibilang Kiamat Sudah Dekat adalah sinetron pertama yang mengawali trend sindiran religi dalam wujud adegan yang kocak dan tidak menghakimi, lalu dilanjut dengan Para Pencari Tuhan yang tahun ini sudah sampai di jilid ke-6. Para Pencari Tuhan sendiri bercerita tentang segerombolan anak muda Chealsea, Garong, dan Juki, yang baru keluar penjara dan merasa tidak diterima dimasyarakat. Bang Jack seorang penjaga mushola pun menerima mereka sebagai murid, lika-liku perjalanan dan pembelajaran mereka ini lah yang menjadi unsur cerita yang menarik. Ditambah dengan celetukan-celetukan cerdas yang bisa dijadikan pembelajaran yang baik tentu saja.

Sementara untuk sinetron romace, drama keluarga lainnya, aku belum nemu yang cukup bermutu dan menarik tuh... :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar